Rabu, 21 Desember 2011

Apakah Anda Setuju dengan Produk Transgenik?

Yuhan Farah Maulida

Terlepas dari banyaknya kekurangan dari tanaman transgenik, saya masih setuju dengan produksi tanaman transgenik serta beredarnya produk transgenik. Apalagi dengan produk tanaman pokok seperti jagung dan kedelai. Peningkatan kualitas fenotip dan genotip serta tentu saja ketahanan dari hama dan patogen pada kedua komoditas ini sangat membantu peningkatan kuantitas produksinya. Dengan ditanamnya transgenik jagung dan transgnik kedelai dapat membantu negara kita dalam menjaga ketahanan pangan.

Mengenai kontroversi mengenai keamanan konsumsi produk transgenik, memang harus dilakukan suatu uji coba serta penelitian yang sifatnya mendalam. Tanaman transgenik sebagai produk rekayasa genetika telah mengglobal serta peredarannya sudah tidak mungkin lagi dihentikan. Di Amerika sudah hampir 50% kedelai yang diproduksi di masyarakat adalah kedelai transgenik, untuk menarik kembali kedelai-kedelai tersebut merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Maka yaang terpenting harus dilakukan adalah dampak-dampak buruknya harus cepat dihentikan, bukan secara emosional, namun secara empiris. Pengujiannya harus total karena menyangkut hajat hidup banyak orang.

Menurut saya, seharusnya peredaran beberapa produk transgenik harus tetap dijalankan, namun harus dibatasi hanya pada beberapa varietas-varietas unggul yang memenuhi keamanan pangan. Saat ini sudah ada ratusan produk transgenik yang telah berhasil direkayasa. Semuanya harus terus dikendalikan oleh suatu badan, agar saat diedarkan sudah jelas-jelas aman dikonsumsi. Jadi, dalam perilisan produk transgenik tidak perlu terburu-buru. Walaupun hanya sedikit varietas yang diedarkan tapi apabila dari segi kuantitas sudah sangat membantu stok pangan dunia dan dari segi keamanan sudah aman dan layak dikonsumsi, saya rasa tidak ada masalah dengan produk transgenik.

Mengenai alergi dan penyakit-penyakit yang “katanya” disebabkan oleh tanaman transgenik, menurut saya adalah hal yang wajar. Sebab ada beberapa tanaman atau produk pangan bukan transgenik yang juga dapat menyebabkan alergi dan penyakit bagi konsumennya. Yang harus dilakukan saat ini adalah riset mengenai penangkal alergi serta penyakit-penyakit akibat tanaman transgenik.

Tidak ada komentar: